Sabtu, 02 Mei 2020

Definisi Komputer dan Masyarakat


Definisi Komputer
Komputer adalah alat elektronik yang digunakan untuk mempermudah/membantu pekerjaan sehari-hari manusia. Salah satu ciri yang membedakan komputer dengan alat elekronik lainnya yaitu komputer dapat menerima/input data, memproses, menyimpan, dan menghasilkan/output data dalam bentuk yang berbeda dari data yang pertama diinput karena telah diproses, atau bahkan dapat menghasilkan sebuah informasi dari kumpulan data yang telah diinput dan diproses tersebut.
Pada zaman sekarang bentuk komputer tidak hanya terpaku pada sebuah benda dengan monitor, desktop, mouse dan keyboard saja. Smartphone adalah salahsatu bentuk dari komputer pada zaman sekarang, karena smartphone dapat menerima input, memproses, menyimpan dan menghasilkan output.
Selain itu ada juga smartwatch, seperti namanya smartwatch atau jam tangan pintar ini selain alat untuk menampilkan waktu, juga dapat digunakan untuk menampilan sms/chat yang masuk, membalas sms/chat, menerima panggilan telepon, menelepon orang lain, dan juga dapat digunakan untuk menampilkan jadwal kegiatan kita sehari-hari.
Bahkan dengan adanya teknologi smartcar sebuah mobil juga dapat dikatakan sebagai komputer, karena dengan adanya teknologi smartcar sebuah mobil dapat mengemudikan dirinya sendiri tanpa harus ada seorang sopir dibalik kemudi mobil tersebut. Kita sebagai pengguna smartcar hanya perlu memberi input berupa tempat mana yang akan kita kunjungi, dan smartcar akan berjalan menuju tempat yang akan kita kungjungi dengan sendirinya.
Definisi Masyarakat
Berdasarkan ilmu etymologi yang mempelajari asal usul kata, istilah masyarakat ini merupakan istilah serapan dari bahasa Arab dan berasal dari kata musyarak yang berarti ikut berpartisipasi. Dalam bahasa Inggris, masyarakat disebut dengan society. Yang berarti sekumpulan orang yang membentuk sebuah sistem dan terjadi komunikasi di dalamnya.
Oleh karena itu bisa ditarik garis lurus bahwa pengertian masyarakat adalah sekumpulan manusia yang berinteraksi dalam suatu hubungan sosial, saling berhubungan lalu membentuk kelompok lebih besar serta memiliki kesamaan budaya, identitas dan tinggal dalam satu wilayah.
Sedangkan menurut ahli yaitu Selo Soemardjan berpendapat bahwa masyarakat adalah orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
Definisi Komputer dan Masyarakat
Konsep dasar komputer dan masyarakat dapat didefinisikan sebagai hubungan antara pengguna (masyarakat) dengan suatu alat (komputer) guna mencapai tujuan, dan selajutnya akan dapat meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga serta mempermudah dalam melakukan suatu pekerjaan, dengan tidak lagi menggunakan cara-cara tradisional (manual), akan tetapi dengan menggunakan suatu alat yang sudah dipastikan ketelitiannya.
Mengapa komputer dihubungkan dengan masyarakat? Mengapa bukan teknologi informasi yang dibahas? adalah John Preston orang yang mempopulerkan tema ini dalam bukunya Computer in a Changing Society dijelaskan bahwa teknologi informasi (TI) sekarang ini identik dengan komputer, bicara TI maka pasti berhubungan dengan komputer.
Peranan Komputer dalam Masyarakat
Tanpa kita sadari komputer telah berperan banyak dalam kehidupan masyarakat kita. Komputer telah mempengaruhi bagaimana cara kita hidup. Dengan adanya komputer hidup kita semakin mudah dan praktis, contohnya saja untuk mencari sebuah informasi, masyarakat sekarang hanya tinggal membuka Google dan mengetikan informasi apa yang ingin mereka cari, dan Google dengan senang hati akan mencarikan informasi tersebut untuk kita. Berbeda dengan masyarakat terdahulu sebelum adanya Google, masyarakat terdahulu jika ingin mencari sebuah informasi mereka harus pergi ke perpustakaan dan mencari secara manual buku-buku yang sekiranya memuat informasi yang sedang dicari.
Fenoma ini juga dapat dikaitkan dengan pendapat dari Selo Soemardjan mengenai definisi masyarakat. Selo Soemardjan berpendapat bahwa masyarakat adalah orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan, dan dengan adanya komputer orang-orang zaman sekarang tanpa disadari telah menghasilkan kebudayaan atau kebisaan baru bahwasanya untuk mencari sebuah informasi gunakan saja Google.
Ada beberapa isu sosial yang muncul akibat penggunakan komputer dalam masyarakat. Banyak dampak positif yang diberikan dari penggunakan komputer dalam masyarakat namun tidak sedikit juga dampak negatifnya.
Dampak Positif
1.      Komunikasi yang Lebih Baik
Dengan digunakannya komputer dalam masyarakat, masyarakat jadi lebih mudah dalam berkomunikasi. Contohnya saja penggunaan handphone, dengan adanya handphone kita dapat saling berkomunikasi walapun jarak kita berjauhan, tanpa harus berkunjung ke tempat orang tersebut. Tentu ini membuat hidup masyarakat menjadi lebih mudah dan praktis.
2.      Informasi yang Lebih Mudah
Seperti disebutkan di atas, dengan adanya Google kita dapat mencari informasi apapun dengan sangat mudah tanpa harus pergi ke perpustakaan yang jaraknya jauh dari rumah kita, bahkan belum tentu di perpustakaan tersebut kita dapat menemukan informasi yang sedang kita cari.
3.      Transfortasi yang Lebih Baik
Sebut saja Go-Jek, Grab, dan Traveloka, dengan adanya ketiga aplikasi tersebut kita dapat memesan ojek, taksi, dan tiket pesawat dari rumah kita.
4.      Pekerjaan yang Lebih Efisien
Komputer juga telah banyak digunakan untuk membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih efisien. Contohnya dalam pekerjaan yang berhubungan dengan angka kita dapat menggunkan Microsoft Excel, berhubungan dengan statistika kita dapat menggunakan SPSS, dan yang berhubungan dengan matematika kita dapat menggunakan Matlab.
Dampak Negatif
1.      Malas Bersosialisai Secara Fisik
Dengan adanya media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram membuat kebanyakan orang zaman sekarang lebih sering bercengkrama dengan teman-teman maya mereka melalui media sosial tersebut dibandingkan dengan teman-teman yang ada disekitar lingkungan rumah mereka.
2.      Data Mudah Dicuri
Jika kita menyimpan data-data kita di komputer dan komputer tersebut terkoneksi dengan internet, sangat besar kemungkinan data-data kita untuk dapat dicuri oleh orang lain (hacker). 
3.      Beberapa Pekerjaan Digantikan oleh Mesin
Kita tentu sudah dapat melihat bahwasanya di sebagian besar industri pekerjaan sudah diambil alih oleh mesin, karena mesin lebih mudah diatur, tidak mengenal lelah, dan tanpa perlu diberi uang gaji. Bahkan diprediksi pada tahun 2021 mendatang dengan semakin berkembangannya teknologi smartcar, seorang sopir sudah tidak akan dibutuhkan lagi. Lalu dengan semakin berkembangnya teknologi chatbot, chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk dapat diajak berbincang-bincang oleh seorang manusia, pekerjaan seorang customer service juga terancam hilang. Salahsatu chatbot yang kemarin baru dirilis adalah Google Assistant yang terdapat di aplikasi Google Allo.



Sumber : gist.github.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar